RSS

pengertian dasar vb.net dengan vitur fiturnya

13 Jun
Perpindahan ke VB.NET dapat diandaikan sebagai camp militer untuk para veteran VB6. Mitos selama ini menyebutkan bahwa VB6 merupakan bahasa yang “amburadul”, tidak jelas struktur obyeknya, mendukung Object Oriented tetapi banci, kompatibilitas kurang, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut Cepat Mahir Visual Basic .NET M. Choirul Amri 6 terjadi sebagai boomerang dari VB6 yang terlalu longgar dalam kaidah pemrograman, sehingga tidak sulit menemukan programmer VB6 yang belum pernah membuat property dalam class modul selama karirnya. Di sisi lain kelonggaran tersebut telah menumbuhkan VB sebagai bahasa yg mudah dipelajari, dan paling populer saat ini. Sebenarnya selama seorang programmer konsisten dan disiplin dengan kaidah konsep COM dan OOP, mitos-mitos di atas tidak akan terjadi. VB.NET tampil dengan wajah yang sama sekali berbeda dari VB6 dalam hal kaidah pemrograman, terutama dengan fasilitas strong typing dan code safety. Di samping itu, sifat .NET Framework yang dirancang dengan nuansa OOP juga harus diikuti, sehingga VB.NET dapat dikatakan sebagi full OOP programming. Hal tersebut mungkin bukanlah barang baru bagi anda pemakai Java atau C, tetapi merupakan hal baru bagi kebanyakan programmer VB6. Dengan demikian, mempelajari VB.NET berarti meningkatkan skill veteran VB klasik, sejajar pemrograman berbasis OOP lainnya.Console Application

Console Application merupakan aplikasi dengan tampilan text mode atau DOS. Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application dimana sumber daya komputer dan bandwith sangat terbatas. Aplikasi tanpa GUI, dijalankan dari command prompt/command line.

Salah satu mantra baru dalam .NET programming adalah cara kita memainkan terhadap obyek. Segala sesuatu adalah obyek, begitulah pedoman yang harus kita pegang. Dalam teknik VB6 Kita mengenal konsep Object Oriented Programming (OOP) melalui Class dan konsep COM. Namun dalam .NET segala sesuatu merupakan obyek, termasuk variabel juga merupakan obyek.

Karenanya suatu variabel juga memiliki berbagai sifat yang diwujudkan dalam property, event, dan function. Sifat-sifat tersebut dapat diwariskan ke obyek lain, atau suatu variabel dapat mewarisi sifat dari obyek di atasnya.

Aksesibilitas variabel:

Aksesibilitas variable adalah suatu keadaan dimana variable tersebut dapat diakses. Beberapa kata kunci yang digunakan untuk mendeklarasikan variable (ataupun elemen-elemen lain seperti kelas, fungsi, atau prosedur) berdasarkan aksesibilitas adalah sebagai berikut:

1. Public

Variabel yang dideklarasikan dengan kata kunci Public memiliki ruang lingkup global yang juga berarti dapat diakses dibagian manapun dalam suatu project, Bahkan project lain yang memiliki referensi terhadap project tersebut.

2. Protected

Kata kunci Protected mendeklarasikan elemen yang hanya dapat diakses dari sebuah kelas atau kelas turunannya. Kata kunci ini hanya digunakan pada level kelas dan hanya untuk mendeklarasikan anggota dari sebuah kelas.

3. Friend

Kata kunci Friend mirip dengan Public, hanya saja ruang lingkupnya hanya dalam sebuah project. Project yang lain tidak dapat mengaksesnya.

4. Protected Friend

Kata kunci Protected Friend merupakan gabungan dari Protected dan Friend, yang berarti mendeklarasikan sebuah elemen untuk sebuah kelas atau turunannya dan hanya dapat diakses dari dalam sebuah project saja.

5. Private

Kata kunci Private digunakan untuk mendeklarasikan elemen yang hanya dapat diakses dari dalam modul, kelas, atau struktur dimana elemen tersebut dideklarasikan. Kata kunci ini tidak dapat digunakan dari dalam sebuah prosedur.

Ruang Lingkup dan Type Variabel

Sebuah variabel memiliki ruang lingkup (scope) tertentu, tergantung dengan cara bagaimana variabel tersebut dideklarasikan. Terdapat 3 macam scope suatu varibel :

1. Procedure level / local scope

2. Module level

3. Variabel Public

GUI Application

GUI Application merupakan aplikasi dengan tampilan graphical. Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application dimana sumber daya komputer dan bandwith sangat terbatas. Aplikasi tanpa GUI, dijalankan dari command prompt/command line.

Aplikasi VB.NET berbasis GUI

Pada bagian ini anda akan membuat sebuah aplikasi sederhana menggunakan VB.NET. Meskipun aplikasi yang dibuat sangat sederhana, penulis berusaha untuk mengenalkan anda pada berbagai feature baru dan tools dasar VB.NET , sehingga dapat digunakan sebagai dasar pemrograman yang lebih kompleks.

Skenario yang digunakan dalam bab ini adalah membuat aplikasi sekaligus membahas pengenalan Integrated Development Environment (IDE) VB.NET. Aplikasi yang akan dibuat adalah tanya jawab mengenai makanan favorit, dan aplikasi tersebut akan memberikan komentar berdasarkan jenis makanan yang diinput user.

1. Membuat Project Baru

Mulailah dengan membuka Visual Studio .NET, maka akan tampil Start Page yang menampilkan beberapa project terakhir yang anda akses. Pada bagian kiri terdapat beberapa baris hyperlink yang menghubungkan anda dengan beberapa informasi penting. Beberapa link memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya, seperti Online Community dan web Hosting.

Untuk membuat Project baru pilih New Project untuk menampilkan dialog New Project seperti berikut :

Dalam dialog New Project anda dapat memilih jenis aplikasi yang akan dibuat termasuk bahasa pemrograman digunakan. Jenis aplikasi yang dapat dibuat adalah :

Windows Application : adalah aplikasi yang paling umum dibuat, menggunakan interface windows. Biasanya Windows Application merupakan interface aplikasi sedangkan logic aplikasi terdapat di dalam Class Library. Windows Application dapat berisi form, class, XML file, maupun file VB Script dan Jscript.

Class Library : merupakan fondasi dasar untuk membuat komponen yang menjalankan fungsi tertentu. Class merupakan fondasi dasar untuk membentuk obyek dalam pemrograman berorientasi obyek. Class Library tidak memiliki interface tertentu seperti form, tetapi dapat diakses oleh aplikasi lain untuk menjalakan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya. Class Library dapat disamakan dengan teknologi ActiveX DLL (.dll) dan ActiveX EXE dalam pemrograman VB6.

Windows Control Library : tidak puas dengan built in control yang disediakan VS .NET ? Anda dapat berkreasi membuat kontrol sendiri dan memasukkan berbagai fungsi yang anda inginkan di dalam kontrol tersebut. Fasilitas untuk membuat kontrol tersebut adalah Windows Control Library. Kontrol ini sama dengan ActiveX Control (.ocx) dalam pemrograman VB6.

ASP .NET Web Application : adalah project yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Teknologi yang digunakan adalah ASP .NET yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan ASP klasik. Perubahan utamanya adalah dapat diprogram menggunakan berbagai bahasa .NET seperti VB, C++, C# maupun J#. ASP .NET juga menyediakan berbagai kontrol yang bersifat event drivent programming sehingga lebih menghemat waktu pembuatan aplikasi.

ASP .NET Web Service : Web service merupakan salah satu ide utama dalam .NET. Anda dapat membuat web service dan meletakkannya di web server untuk diakses berbagai aplikasi. Sebuah web service dapat diakses oleh aplikasi windows, web, console, maupun mobile device. Web service hampir sama dengan Class Library, perbedaan utamanya adalah web service tersebut diletakkan di web server sehingga dapat diakses dengan lebih mudah dan tidak terbatas pada aplikasi berbasis windows saja.

Console Application : merupakan aplikasi dengan tampilan text mode atau DOS. Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application dimana sumber daya komputer dan bandwith sangat terbatas.

Windows Service : adalah aplikasi yang berjalan sebagai service di windows, yang di load bersamaan dengan proses start up windows. Aplikasi ini berjalan di background dan biasanya tidak memiliki interface. Penerapan aplikasi ini misalnya untuk pembuatan scanning antivirus, server FTP, dan remote server.

Web Control Library : Hampir sama dengan Windows Control Library tetapi digunakan untuk aplikasi web.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 13, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: